Jumat, 16 Mei 2008

Tak ada apresiasi musik di MTV Tamu Istimewa

[konten opini berikut TIDAK mengandung kutipan-kutipan TEORI siapapun]

Intro:
Televisi Musik (MTV), dari namanya saja bocah ingusan pun sudah tahu bahwa MTV adalah sebuah stasiun televisi yang SANGAT kental berhubungan dengan musik dan kroni-kroninya.

Adalah suatu hal yang sangat wajar jika stasiun tv ini menggelar acara-acara apapun yang
berhubungan dengan MUSIK. Ngemeng-ngemeng soal musik, berarti kita sudah pasti ngemeng tentang SENI (Kalian bukanlah orang-orang bodoh yang minta penjelasan kenapa bicara soal musik berarti bicara soal seni). Seni! Nah, ngemeng-ngemeng soal seni, berarti kita juga sudah pasti ngemeng soal apresiasi (apa itu apresiasi? "mendingan ga usah baca artikel ini kalo loe ga tau apa itu apresiasi!").

Intronya cukup! (dua paragraf di atas hanyalah intro!)

Chorus:

Kamis, 15 Mei 2008, stasiun Televisi Musik mengadakan acara musik yang dijual dengan nama MTV Tamu Istimewa pada penanyangannya, kebetulan acara tersebut bertempat di kampus UI Depok. Garis besar plot acara tersebut adalah: ada beberapa band yang lolos audisi yang akan tampil dan diakhiri dengan penampilan artis/band terkenal, tetapi artis/band terkenal tersebut dirahasiakan identitasnya (kejutan siapa artis/band terkenal inilah yang dimaksud Tamu Istimewa).

Beberapa minggu sebelum acara dilangsungkan diadakanlah audisi band untuk tampil sebagai acara pembuka di hari H. Singkat cerita, hasil audisi sudah keluar dan terdapat 4 band yang lolos audisi untuk menjadi band pembuka dalam acara di hari H. Setelah diketahui band-band audisi yang lolos, maka dimulailah pertemuan-pertemuan tekhnik (technical meeting) antara panitia penyelenggara, pihak stasiun tv yang akan menyiarkan acara tersebut, pihak tv yang menyelenggarakan acara tersebut, dan para pengisi acara.

Pertemuan tekhnik pertama adalah pemberitahuan band-band yang lolos audisi, pertemuan tekhnik kedua menentukan jadwal dan lari turun (run down) acara, dan pertemuan tekhnik berikutnya dengan pihak stasiun televisi untuk mendata apa saja yang dibutuhkan oleh para pengisi acara (termasuk band, apa saja yang dibutuhkan band, misal: efek gitar, gitar, bass, berapa mikrofon yang dibutuhkan, dan lain-lain).

Chorus nya cukup! (stelah dua paragraf pertama disebut intro, nah tiga paragraf di atas kalimat ini adalah chorus nya)

Sekarang kita masuk ke Reff yuk!!

Reff 1:

Pada kenyataannya, di hari H terjadi diskriminasi! Sound yang diberikan kepada band audisi pengisi acara SANGATLAH JELEK (sangat tidak berkualitas, lebih bagus sound orkes dangdut gerobak). Di sini sangatlah terlihat bahwa ternyata Televisi Musik sebenarnya tidak konsisten dengan NAMAnya sendiri!

Apa yang saya maksud dengan diskriminasi adalah bahwa kualitas sound band audisi pengisi
acara SANGAT jauh berbeda dengan kualitas sound para tamu istimewa. Padahal pada pertemuan tekhnik pertama dan kedua, PANITIA PENYELENGGARA selalu BERKOAR-KOAR bahwa "TIDAK ADA DISKRIMINASI DALAM HAL KUALITS SOUND DAN SETINGAN ALAT DI HARI H!!"

Anggaplah saya bisa berpikiran positif, kemungkinannya adalah, KEBETULAN SAJA ketika band audisi pengisi acara memang jelek, tetapi TIBA-TIBA bisa bagus ketika TAMU ISTIMEWA naik panggung! Jadi, saya tarik kesimpulan bahwa SOUND MAN lah yang bermasalah. Saya perjelas: Musik Televisi dan Panitia penyelenggara TIDAK MENEMPATKAN ORANG YANG MENGERTI SOAL MUSIK DAN TETEK BENGEK NYA sebagai SOund Man! "Di mana letak profesionalisme anda sebagai sebuah institusi yang mengusung NAMA BESAR MUSIK?" MEMALUKAN! Anda sungguh-sungguh tidak mempunyai APRESIASI terhadap musik!

Reff 2:

Khusus untuk panitia yang berlagak solid!! Pada pertemuan tekhnik pertama dan kedua sudah disepakati bahwa beberapa band pengisi acara ada yang mendapat jatah panggung 30 menit, dan ada yang 15 menit, dan acara dimulai tepat pada pukul 12.00 WIB dan seluruh pengisi acara sudah harus stand by, paling lambat jam 13.00 WIB. Pada kenyataannya, acara molor selama 1,5 jam lebih (acara baru dimulai mendekati jam 14.00).

Tahukah anda wahai panitia penyelenggara, di mana letak muka mu? Ketika acara sudah sangat molor, tiba-tiba LO band pengisi acara sibuk mendatangi para band pengisi acara yang sudah stand by di belakang panggung pada waktu yang telah disepakati ketitak pertemuan tekhnik. LO tersebut mulanya TANPA BASA-BASI langsung MEMERINTAH bahwa hanya boleh membawakan 3 lagu (pada pertemuan tekhnik padahal PANITIA sendiri meminta persiapkan 4 lagu). Beberapa menit kemudian LO datang lagi ke setiap band dan kembali menyatakan HANYA BOLEH MEMBAWAKAN 2 LAGU dan TIDAK ADA CEK SOUND (dalam artian yang punya alat sendiri, langsung colok kabel dan langsung main, dan lagu harus di MEDLEY!!)

Asal loe tau, loe nginjek2 semua harga diri band-band pengisi acara!! Lain kali ga usah lah jadi panitia acara gede, latihan dulu lah jadi koordinator GOTONG ROYONG warga di RT masing-masing!!

(Back to reff1 and reff2 10 x)


Label: